Tutorial VB6 Lengkap

Berikut ini membahas tentang pembuatan aplikasi persediaan barang menggunakan vb (visual basic 6.0) dengan menggunakan database ms access 2003 dan laporan menggunakan crystal report 8.5
Dengan adanya tutorial vb komplit ini,penulis harap para pembaca dapat membuat aplikasi persediaan barang mulai dari membangun database (table dan query), membuat tampilan from dan kode program aplikasi sampai merancang laporan seluruh kegiatan aplikasi dengan crystal report 8.5

 Berikut ini step by step tutorial vb lengkap membuat aplikasi persediaan barang

  • Step 1 : Membuat Database dan Module Koneksi
a. Membuat database access 2003
Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Dalam tutorial ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat database access 2003 untuk program persediaan barang menggunakan vb.
Persiapan pertama tentunya anda harus menginstal Microsoft Office Access 2003 di komputer anda.
karena memuat gambar terlalu banyak
silahkan anda download membuat database access 2003 di sini

b. Membuat Project di vb
project vb digunakan untuk membuat sebuah aplikasi program vb yang didalamnya mengandung form,module dll.
Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat project baru di vb 6.0.
langsung saja download tutorial membuat project vb  di sini

c. Membuat koneksi vb dengan access 2003
Untuk membuat sebuah program vb, langkah selanjutnya adalah membuat koneksi vb dengan access. Berikut ini tutorial bagaimana membuat koneksi vb dengan access menggunakan module yang terdapat di vb 6.0
langsung saja baca tutorial membuat koneksi vb dengan access disini
 
  • Step 2 : Membuat Form Master
a. Membuat Form Pengguna / user
Form Pengguna / Form User digunakan untuk menyimpan data pengguna dimana dalam kasus ini pengguna / user yang akan menggunakan aplikasi persediaan barang, dengan tujuan agar aplikasi ini tidak sembarangan digunakan oleh orang lain. salah satu kelebihan form ini terdapat hak ases level pengguna / user. yaitu admin dan user. fungsinya jika pengguna level  admin maka pada saat login dan akan menggunakan menu utama aplikasi maka menu utama aplikasi semua akan aktif (enable), namun jika level pengguna user maka pada saat login dan akan menggunakan menu utama aplikasi maka menu utama aplikasi tidak semua aktif  (ada pilihan menu utama yang disable).
langsung saja download tutorial form pengguna / Form user dengan vb nya disini.

b. Membuat Form Barang
Form data barang ini dibuat untuk program aplikasi persediaan barang menggunakan vb 6.0, Form Data Barang digunakan untuk menyimpan,mengubah dan menghapus data barang, serta memberikan info mengenai stock barang yang disimpan. langsung saja download tutorial membuat Form data barang  disini
 
c. Membuat Form Customer
Form Customer digunakan untuk menyimpan data customer dimana datanya digunakan untuk mengirimkan barang dari gudang ke customer.
Langsung saja download tutorialnya disini

  • Step 3 : Membuat Form Transaksi
a. Membuat Form Daftar Barang
Form Daftar barang digunakan untuk menampilkan data barang yang tersimpan di table barang dan akan memudahkan pengguna dalam pencarian barang sesuai dengan kode barang, nama barang, jumlah barang maupun jenis barang. Form barang berikut menggunakan component vb listview untuk menampilkan data barang.
dalam tutorial ini akan diajarkan bagaimana menampilkan data dari database yang tersimpan menggunakan listview pada vb 6.,langsung saja download tutorialnya disini.

b. Membuat Form Transaksi Barang Masuk

Form barang masuk digunakan untuk melakukan transaksi penginputan barang masuk yang akan disimpan ke gudang dan menampilkan data barang yang akan disimpan di tabel barang . Form barang berikut menggunakan component vb listview untuk menampilkan data barang yang akan disimpan dan juga DTPicker untuk menampilkan tanggal.
langsung saja download dan ikuti tutorialnya disini

c. Membuat Form Transaksi Barang Keluar
Form transaksi barang keluar digunakan untuk melakukan transaksi penginputan barang keluar yang akan dikirim ke customer (pelanggan) dan menampilkan data barang yang akan keluar di tabel barang . Form transkasi barang keluar berikut menggunakan component vb listview untuk menampilkan data barang yang akan disimpan dan juga DTPicker untuk menampilkan tanggal. form transaksi barang keluar ini juga dilengkapi surat jalan keluar menggunakan crystal report. untuk itu form ini tidak akan jalan sempurna bila anda belum merancang surat jalannya menggunakan crystal report (turtorial surat jalan menggunakan crystal report akan saya jelaskan pada tutorial selanjutnya). Langsung saja download tutorial membuat form transaksi barang keluar menggunakan vb di link download disini
 
d. Membuat Surat Jalan dengan Crystal Report 8.5

Sebelumnya download Crystal Reportnya: disini

Surat jalan keluar barang digunakan untuk mencetak informasi mengenai barang yang keluar dari gudang dengan cepat dan akurat, dan sebagai bukti untuk delivery untuk mengirim barang ke customer.
 surat jalan ini otomatis keluar saat terjadi transaksi barang keluar,Untuk membuat laporan penulis menggunakan Crystal Report 8.5,untuk koneksi menampilkan surat jalan ini di vb silahkan lihat transaksi barang keluar
untuk tutorial membuat surat jalan ini silahkan download disini.

  • Step 4 : Merancang Laporan Dengan Crystal Report 8.5
a. Laporan Barang
Laporan Barang digunakan untuk mengetahui dan mencetak informasi mengenai barang tersebut dengan cepat dan akurat berdasarkan data yang tersimpan di database. Untuk membuat laporan penulis menggunakan Crystal Report 8.5 dan pastikan computer anda sudah terinstal Crystal Report 8.5.

pada pembahasan kali ini meliputi cara membuat laporan dari awal hingga akhir menggunakan crystal report 8.5 dengan database ms access 2003 yang nantinya digunakan dalam laporan barang pada program persediaan barang. langsung saja download tutorialnya disini

b. Laporan Customer
Laporan Customer digunakan untuk mengetahui dan mencetak informasi mengenai siapa saja yang menjadi customer dengan cepat dan akurat berdasarkan data yang tersimpan di database. Untuk membuat laporan penulis menggunakan Crystal Report 8.5 dengan mengambil data dari database access 2003, pastikan computer anda sudah terinstal Crystal Report 8.5.
tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya tentang membuat laporan barang dengan crystal report. langsung saja download tutorial membuat Laporan Customer menggunakan Crystal Report 8.5 disini

c. Laporan Transaksi Barang Masuk
Laporan Transaksi Barang Masuk digunakan untuk mengetahui dan mencetak informasi mengenai barang yang akan masuk ke gudang dengan cepat dan akurat berdasarkan data yang tersimpan di database. laporan transaksi barang masuk ini nantinya bisa digunakan untuk mencetak laporan berdasarkan per no transaksi, laporan per tanggal dan juga laporan per periode / laporan bulanan. Untuk membuat laporan penulis menggunakan Crystal Report 8.5
langsung saja download tutorial Laporan Transaksi Barang Masuk berdasarkan per no transaksi, laporan per tanggal dan juga laporan per periode / laporan bulanan disini.

d. Laporan Transaksi Barang Keluar
  • Step 5 : membuat Form Laporan
a. Form Laporan Barang
Form Laporan Barang digunakan untuk menampilkan laporan barang yang telah anda buat dengan crystal report sebelumnya, jika belum membuatnya silahkan baca membuat laporan barang dengan crystal report. Ada dua pilihan untuk menampilkan data barang yaitu cetak seluruh dan perkode barang, untuk menampilkan laporan dari crystal report dengan vb maka dibutuhkan koneksi vb ke crystal report. 
 Langsung saja download tutorial membuat form laporan barang di sini

b. Form Laporan Customer
Form Laporan Customer digunakan untuk menampilkan laporan customer yang telah anda buat dengan crystal report sebelumnya, jika belum membuat laporannya silahkan baca membuat laporan customer dengan crystal report.
Ada dua pilihan untuk menampilkan data customer yaitu cetak seluruh dan perkode customer, untuk menampilkan laporan dari crystal report dengan vb maka dibutuhkan koneksi vb ke crystal report.
 langsung download tutorial membuat form laporan customer disini.

c. Form Laporan Transaksi Barang Masuk
Form Laporan Barang Masuk digunakan untuk menampilkan Transaksi barang yang masuk ke gudang  yang telah anda buat dengan crystal report sebelumnya, jika belum membuat silahkan baca laporan transaksi barang masuk dengan crystal report.
Ada empat pilihan untuk menampilkan data transaksi barang masuk, yaitu cetak berdasarkan no transaksi barang masuk,cetak seluruh transaksi,cetak laporan transaksi berdasarkan per tanggal,cetak laporan transaksi per tanggal per periode. untuk menampilkan laporan dari crystal report dengan vb maka dibutuhkan koneksi vb ke crystal report.
 Langsung download tutorialnya disini.

d. Form Laporan Transaksi Barang Keluar
  • Step 6 : Membuat Form Menu dan Keamanan
a. Membuat Form Menu Utama

menu utama vbForm Menu utama
ini dibuat dengan vb, komponen yang ada meliputi status bar, Toolbar, Menu Editor, dll
Menu utama dengan vb ini digunakan untuk form awal setelah login. Disini pengguna dapat menampilkan menu sesuai dengan level pengguna tersebut. Dalam tutorial ini akan dijelaskan bagaimana membuat menu utama dari pembuatan pilihan menu menggunakan komponen menu editor, toolbar dan juga status bar untuk menampilkan nama user, hari dan waktu saat ini.
 langsung saja download tutorial cara membuat menu utama di vb disini

b. Membuat Form Login

form login vbForm Logindigunakan untuk membuat akses masuk bagi user / pengguna aplikasi program dengan terlebih dahulu memasukkan kode user dan password pengguna sesuai ketentuan.berikut ini mempunyai hak akses untuk dapat masuk ke menu utama, jika hak akses nya user biasa maka pilihan menu utama akan dibatasi, dan jika hak aksesnya admin maka semua pilihan di menu utama semua akan aktif. sebelum membuat form login, anda harus membuat database dengan access terlebih dahulu. jika sudah silahkan download : disini.


Selamat Belajar..........


Source : http://www.vbawam.com/

17 comments:

  1. trim tutorialnya kalau ada bisa dibuat langsung dari acces 2003 saya sangat butuh sekali karena kemudahan dalam reportsnya trima kasih banyak

    ReplyDelete
  2. membantu banget , terima kasih :)

    ReplyDelete
  3. akan...minta bantuannya...
    gimana buat laporan berdasarkan bulan dan tahunnya..??

    mohon bantuannya..

    kalo bisa kirim ke email saya script untuk cetak laporan berdasarkan bulan dan tahunnya...
    email : maloco@tosc.tl

    ReplyDelete
  4. ijin donlod gan....

    ReplyDelete
  5. alhamdulilah
    saudaraku terimakasih atas tutornya semoga ilmu ini bermanfaat dan berkah bagimu

    ijin nyimak sama baca ya gan

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Assalamuallaikum Bang

      Ini saya mau tanya ,, Kan saya udh Coba2 Program Abang .. dan Berhasil
      Tapi Untuk Login'nya agak bermaslah ... Soalnya untuk Penambahan Pengguna (menjadi ADMIN blum tau Caranya)

      Saya Coba membuat pengguna / di Form Pengguna : kok tidak bisa .. Malah yang Muncul adalah "Id/username tidak tersedia" dan Saya Debug untuk kesalahannya .. Kok yang muncul di bagian LOGIN ; yang

      SendKeys "{home}+{end}"

      lha ini maksudnya gimana ... saya bingung

      Delete
  7. link download nya bos mohon d perbaharui

    ReplyDelete
  8. link expired... mohon diperbaharui

    ReplyDelete
  9. mas cara loginnya gmna? trus user sama passwordnya apa?
    tks

    ReplyDelete
  10. Thank's buat tutornya bagus banget cuma ada yang kurang gan..tutor buat database login blm ada nih,bisa di post ato di email aldrianqaussar@gmail.com maaf cuma bisa copas ^_^

    ReplyDelete
  11. maksih banget gan,,rapih banget,ini yang kami cari cari ,

    ReplyDelete
  12. reupload untuk cristal reportnya...ni kalo dari IDWS gak pernah bisa jangan pernah upload IDWS...hosting sempak

    ReplyDelete
  13. Link Sudah di Update.... Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  14. sangat bermanfaat gan tutorialnya,,,maaf gan untuk Form Laporan Transaksi Barang Keluar bisa di post / di email gan ke muhsin.mukiman@gmail.com,,,,makasih gan

    ReplyDelete